Tuesday, September 11, 2007

Hardware/Perangkat keras

Mimpi setiap penggemar komputer adalah hardware yang teranyar dan terkini. Salah satu hal yang terbaik tentang PC adalah kemampuannya untuk ditingkatkan / di up grade nantinya. Anda dapat mengabungkan begitu banyak komponen sehingga tidak ada dua yang sama persis. Pada bagian ini , kita akan meneruskan diskusi yang spesifik untuk setiap komponen part. Kita akan membahas tentang, Motherboard, processor,RAM,harddisk,optical drive,monitor,video card,sound card,card jaringan,mouse dan keyboard.

Didalam artkel ini, kita diskusikan tentang langkah yang anda harus ikuti dalam merancang/merakit PC.

Bagaimana memilih Hardware (perangkat keras)

Dalam bagian ini kita bahas dengan jelas jenis hardware dan merknya. Bagaimapun juga, kita perlu tahu bagaimana anda melakukannnya.Pertama-tama Anda harus memutuskan pada processor dan motherboard pada waktu yang bersamaan.Sekarang ini , hanya Intel dan AMD yang membuat processor. Jika anda sudah dapat memutuskan merk apa yang ingin anda gunakan , maka waktunya anda memilih motherboard. Sebuah motherboard akan menentukan komponen apa yang harus anda beli, Spesifikasi memori atau RAM , harddisk,dan semua card tambahan yang dapat diterima/kompatibel.Sekali anda sudah dapat menentukan processor da motherboard apa yang anda inginkan, anda dapat memilih semua komponen berdasarkan kemampuan motherboard anda. mudahkan!

Kesalahan yang biasa terjadi

Ketika merakit Pc, anda harus berhati-hati. Yang saya maksudkan berhati-hati bukan seperti anda harus memakai sarung tangan karet dan masker, tetapi pengertiannya adalah bagian dari komponen elektronic yang sangat sensitif.Semua komponen hardware akan disertai stiker peringatan bahaya listrik statis. ketika anda akan memasang komponen , pastikan anda tidah berhubungan dengan listrik statis. Kasus paling sering adalah ketika anda menyentuh benda yang mempunyai arus lisrik statis. Jika anda tidak mengerti maksud saya , peganglah plat besi kemudian sentuhkan kelantai atau tancapkan keoutlet listrik.Biasanya anda dapat memegang casing komputer.

Selalu pastikan semua komponen sudah terpasang dengan benar dan kencang pada tempatnya.Untuk Video card,sound card,card jarigan anda harus memastikan semua pin masuk kedalam slot pas pada tempatnya.Jika tidak pas bisa menyebabkan hal yang fatal pada sistem

Jangan pernah menghidupkan komputer tanpa Fan cooling processor yang harus terpasang pada processor anda.Processor modern mengharuskan fan processor terpasang pada tempatnya.

Pastikan anda membaca buku manual motherboard anda untuk memastikan anda mendapat segala sesuatunya dengan benar.Untungnya , semua konektor hanya dapat dipasangkan hanya pada satu pasangan yang sejenis.Hal ini membantu anda terhindar dari koneksi pada tempat yang salah yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem anda.pastikan anda untuk hal ini anda sudah melalukan dengan benar atau anda tidak akan dapat pernah menyalakan komputer anda nantinya!

Filsafat Hardware

Ini lebih dari pada pemikiran yang abstrak, tetapi pertimbangkan sajalah. Pembuat hardware ingin uang anda.mereka sangat menginginkannya.Mereka akan selalu menjual komponen terbaru mereka yang terbaru lebih baik dan efisien. Pada kebanyakan kasus ini, mereka benar. Tetapi itu tidak berarti bahwa komponen yang baru sepadan dengan harganya.Biasanya hardware akan melebihi pengembangan software kurang lebih satu tahun, anda tidak ingin selalu mendapatkan pesan error karena kurang efisiennya hardware untuk satu tahun ,iyakan!.Untuk 2th dan 3 th , anda akan selalu mendapatkan pesan yang sama bahkan lebih lagi.Bukan tidak mungkin masalah ini tidak akan pernah selesai.Lagi pula pada tahun ke4 anda sudah harus mengganti semua part/komponen yang ada. Jadi jika anda tetap berada selangkah dibelakang satu generasi tetapi anda dapat menghemat uang anda. Untuk jelasnya, generasi terbaru video card sekarang ini banyak keluaran ATI dan Nvidia yang mengharuskan ekspansi slot PCI-Express.Feature ini hanya ada pada motherboard yang terbaru yang mengsupport PCI-E. Jika anda ingin membeli sebagai perbandingan sistem generasi sebelumnya, anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Terkecuali anda menginginkan sistem tingkat tinggi sekarang, tidak ada ketidak harusan untuk membeli generasi yang terbaik dan terbaru.Untuk lebih jelasnya lagi daripada membeli ATI X800 XT dan motherborad yang punya slot PCI-express, yang dimana dapat berlari dengan jutaan rupiah uang anda ketika debu telah menempel, anda dapat membeli Ati Radeon 9800 pro dan motherboard yang hanya punya slot AGP dan lebih murah.

invastech.com

No comments: